Petani Karet Pematang Panggang Makmur

Oleh. R.Budi Hartono

Harga pasaran karet Sumsel, dalam sepekan terakhir ini cendrung mengalami kenaikan, karena harga karet dunia selama beberapa bulan terakhir ini terus membaik.Sekretaris pengurus kelompok tani Kemitraan Kecamatan Mesuji Makmur sdr Warisno di pematang sari B1, sebelumnya mengatakan bahwa harga pasaran karet akhir-akhir ini terus membaik sehingga para petani patut berlega karena semua kebutuhan sehari-hari dari hasil menjual karet dapat terpenuhi.

Menurut dia, sekarang ini harga karet basah Rp 7.400,- per kg, karet kering (kk) 100% Rp 13.800,- per kg di tingkat pengepul di kecamatan mesuji makmur.
Ia memperkirakan, harga tersebut akan terus mengalami kenaikan, pada Senin mendatang harga karet kk 100% diprediksi akan mencapai Rp15 ribu per kg.
Semakin membaiknya harga karet tersebut, antara lain disebabkan pasaran karet dunia membaik serta semakin tingginya tingkat kesadaran petani untuk memproduksi karet mutu bagus, katanya.
Ia berharap, para petani di Sumsel pada umumnya, daerah pematang panggang khususnya, terus meningkatkan mutu karet yang dihasilkan agar harga jual semakin tinggi sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri.
Menurut pedagang pengumpul di beberapa desa kec. mesuji makmur, akibat musim penghujan maka hasil sadapan petani menjadi berkurang.
Kalau cuaca sedang bagus bukan musim penghujan dan tidak pula kemarau, rata-rata hasil karet petani yang dapat dikumpulkan bisa mencapai 1.300 Kg sampai 1.550 kg per Ha/bulan dari daerah penghasil Pematang Panggang.

23 responses to “Petani Karet Pematang Panggang Makmur

  1. kita patut bersyukus, karena nasip petani sekarang ada yang bisa menikmati kelayakan hidup, dengan penghargaan komoditasnya dapat di beli dengan harga yang dapat meningkatkan kesejahteraan, mudah-mudah kondisi tersebut dapat dinikmati oleh petani-petani yang lainnya(seperti petani tebu dll)

    terima kasih
    Mantan Kades

  2. wow……………..
    getah balam mahal harganya, sekarang ya……..?
    aku sangat bersyukur berarti dulur-dulur aku di dusun sekarang bisa sedikit sejahteraan, karena tanaman komodita yang di budidayakan/tanam dapat memberikan kehidupan yang layak.
    Saya berasal dari Muara kuang OKI, tapi saya dan keluarga sekarang menetap di Manila.

  3. Memang benar, semenjak getah karet telah menghasilkan, kehidupan petani karet khususnya di Kec. Mesuji Makmur sudah lebih makmur. Secara fisik dapat kita lihat, rumah2 yang telah permanen, kendaraan pribadi, peralatan elektronik dll yg dulu hanya “milik” orang kota sekarang dengan mudah dapat dijumpai di desa. Tugas kita sekarang sebagai bagian dari masyarakat Mesuji Makmur adalah bagaimana meningkatkan kehidupan masyarakat secara keseluruhan, tidak hanya meningkat secara fisik saja. Agar masyarakat Kec. Mesuji Makmur benar2 dapat hidup lebih MAKMUR.

  4. aku dari batumarta,harga karet bulanan disana sekitar 13.000 an jaqdi kita patut bersyukur banget niii…….

  5. aku dari batumarta,harga karet bulanan disana sekitar 13.000 an jaqdi kita patut bersyukur banget niii dan sampai sekarang ortu aku bisa dg lancar ngirimin aku duit.karena aku masih kuliah di jogja….mudah2an aku kelak menjadi orang yang sukses agar aku bisa membangun desa aku …….

  6. Saya berencana membuka kebun karet atau sawit, ada yang bisa bantu saya memberikan alamat penjual bibit karet dan sawit unggul…

    salam kenal

    rizal

  7. saya dwi batumarta X! tolong kabarin saya dong klu harga karet naik.coz saya mau beli karet lagi

  8. Salam kenal Pak,

    Saya petani karet newbie di Tulang Bawang, kalau tahu alamat kontak pelaku perkebunan karet yang suka online (pemilik kebun, tengkulak atau bahkan penyadap) tolong share alamatnya pak, saya ingin berguru.

    Terimakasih

  9. maaf, semoga tidak divonis spam. Saya baru buka milis khusus perkebunan karet, monggo yang mau sharing info dan ilmu soal perkaretan indonesia, gabung di
    http://groups.google.com/group/petani-karet/about?hl=en

    Saya juga baru buka blog di:
    http://petanikaret.blogspot.com/

    Terimakasih banyak.

  10. yaah, terjaring akismet tuh, tolong dimoderasi dong. Maaf merepotkan.

  11. alo, buat semuanya aja, kl ada yg mau jual getah karet, please –contact saya yah. call me 081-705-98887. harga dan barang kl cocok pasti dibeli kok, jumlah berapa aja mau. thanx.

    • tatok dwi argo p

      kami ada sedikit getah karet kondisi 90% kering, lokasi kami ada di kabupaten tulungagung tepatnya di propinsi jawa timur, bila berkeinginan hub 08125919489.bila menginginkan contoh brg kami kirim foto2nya via e-mail

  12. Ass..,
    salam kenal, saya mo minta bantuannya barangkalai ada yang bisa kasih saya tata cara budi daya tanaman karet mulai dari pembenihan sampai proses penjualan.

  13. Salm kenal my name suhardi batumarta VI Tlg kabri aku hrg karet (kk) yg terbaru th 2008 hub. 081513316706

  14. salam kenal,q yispa dari pematang panggang tp q klyah di UMS,dnger2 di pematang kemaren trun total hingga 60%,klo karet sekarang dah naik saya juga sangat senang sebab itu jg untuk khipan sehari2…

  15. halo petani karet..
    saya membutuhkan getah karet rata rata 1 minggu 10 ton, bisa bantu..hub saya herlan di 085216843886, harga diterima bisa lebih mahal dari harga sheet.

    Terimakasih

  16. mas bagaimana membuat karet sheet atau karet kering, biasanya 1 ton karet basah akan menghasilkan berapa kg karet kering sich? thanks ya mas budi

  17. Ir. Esterina Setiawati

    Kami dari PT. Surya Alam Nusantara, bermaksud menawarkan product pengental getah karet product dalam negri dengan teknologi terbaru, aman digunakan, dapat memperbaiki kwalitas karet dan murah serta siap kami pasarkan kepada gapoktan, toko penyalur dan dinas perkebunan, kami mohon yg berminat dapat menghubungi kami di email : ina_sbg@yahoo.com dan hp 081321494040., ditunggu informasinya !!!

  18. kapan harga karet dinaikkan pak? masyarakat di daerah situ cuma mengandalkan karet doang,kalau harga karet turun begitu kapan masyarakat mesuji makmur bisa makmur? ayo naikkan harga karet!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. harga getah karet sampai kini masih pada posisi yang tidak menguntungkan petani penyadap.

  20. Bravo petani karet..Aq adalah satu2nya petani karet muda didesaku.Aq punya kebun karet 4 hektar..Mudah2an bisa memberikan hasil yg maksimal nantinya kepadaku!

  21. kalo da yang beli karet kering hub gw di
    no : 021 94111958

  22. jaya terussssssss utk petani karet sumsel,,,,,,,,,,,,,,salam kenal utk semua nya,saya penangkar bibit karet di sembawa,buat tmn2 yg butuh bibit karet monggo di aturi,ni saya 0852 7315 1158,smga sukses slalu,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

